Menu

Regina Journal

Ayo Gabung Di Sosial Media Karya Anak Bangsa

April 16, 2017

Indonesia adalah salah satu pengguna sosial media paling besar dan paling aktif di dunia, banyak sekali statistik yang bisa dijadikan dasar untuk mendukung statement tersebut. Dan seperti banyak negara lain di dunia, sosmed seperti Twitter, Facebook atau Instagram masih menjadi media terpopuler dan …

Read more

Fenomena Sosial Media Di Indonesia

April 16, 2017

Sosial media sudah menjadi fenomena baru yang merasuki jutaan bahkan miliaran orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Negara kita tercinta ini bahkan tercatat memiliki jumlah pengguna sosial media terbanyak, survey membuktikan jumlah pengguna internet dan media sosial di tanah air mencapai 88…

Read more

View older posts »

Blog posts April 2017

Ayo Gabung Di Sosial Media Karya Anak Bangsa

April 16, 2017

Indonesia adalah salah satu pengguna sosial media

Read more

Fenomena Sosial Media Di Indonesia

April 16, 2017

Sosial media sudah menjadi fenomena baru yang …

Read more

Turn Me on Instagram

April 16, 2017

Kemarin jagad Instagram diramaikan oleh foto serta hashtag Turn On Post Notification dari sejumlah besar usernya. Sebelumnya hashtag #boycottinstagram juga sempat menjadi trend di situs media sosial berbagi foto tersebut.

Ada apa gerangan? Ternyata kedua hal menghebohkan tersebut bersumber dari hal yang sama yakni keputusan Instagram mengubah pengaturan tampilan linimasa mereka dari sistem kronologi menjadi timeline algoritma.

Algoritma yang dimaksud akan menyaring unggahan gambar atau foto penggunanya berdasarkan jumlah momen –momen yang dirasa penting atau akan diminati oleh penggunanya terlebih dahulu dan bukan lagi berdasarkan pengaturan kronologi seperti yang selama ini mereka terapkan.

Walhasil algoritma yang juga dipakai oleh Twitter dan Facebook tersebut berpotensi membuat postingan tertentu tidak tampil di halaman utama linimasa Instagram atau berada di urutan yang sangat jaaauuhhhh…

Oohh cuma gitu aja, kenapa bisa sampai heboh banget sih?

Well, bagi igers yang hanya ingin menampilkan foto mereka di situs medsos berlogo kamera ini mungkin mereka gak terlalu ribet – ribet amat, namun untuk sebagian pihak sebut saja selebritis atau public figur, komunitas, brand maupun mereka yang berjualan secara online melalui sosmed ini algoritma baru Instagram ini bisa menjadi pertanda buruk berakhirnya kenyamanan mereka bereksis ria di dunia maya atau mengurangi kesempatan mempromosikan produk atau dagangan mereka.

Wah repot juga yah kalau sampai kayak gitu, trus gimana dong?

Itulah gunanya fitur notifikasi post ini, bila seorang pengguna Instagram mengaktifkan fitur tersebut maka setiap kali ada unggahan foto, gambar ataupun video terbaru dari akun tertentu, maka akan ada pemberitahuan dan unggahan yang bersangkutan akan muncul pada timeline seperti biasanya.

Nah itulah sebabnya para pemilik akun Instagram ramai – ramai mengunggah foto dan gambar disertai tagar “Turn Post Notification On” sebagai permintaan agar para follower mereka mengaktifkan fitur ini, tujuaannya jelas agar setiap kali mereka mengupdate posting maka akan langsung diketahui oleh para pengikutnya.

“Kepanikan massal” ini akhirnya membuat pihak Instagram merasa perlu untuk memberi penjelasan resmi seputar algoritma baru mereka tersebut. Menurut juru bicaranya, mereka menjamin bahwa perubahan algoritma ini bukan untuk menghilangkan sebuah postingan dari tampilan Instagram namun hanya mengatur ulang urutan postingan agar user mereka mendapatkan postingan yang relevan dengan minat mereka.

Urutan foto dan video di feed anda akan didasari oleh konten yang kami rasa akan menarik buat anda, hubungan anda dengan orang yang mem-posting dan aktualitas sebuah posting. Awalnya, kami memfokuskan untuk mengoptimasi urutan – seluruh posting tetap ada, namun dengan urutan berbeda, hal ini adalah demi meningkatkan pengalaman anda dalam menggunakan Instagram.

Dengan demikian urutan timeline nantinya bukan hanya berdasarkan popularitas atau performa saja namun juga beberapa indikasi lainnya diantaranya likes, comment serta hubungan antara user dengan viewers mereka.

Tanggapan dari para Instagramers lainnya juga beragam, disamping mendukung aksi Turn Post Notification On bahkan menolak algoritma baru Instagram, sebagian lainnya ada yang memberi tanggapan negatif bahkan mencibir protes sebagian rekan mereka itu.
Untuk sobat remaja yang ingin mengaktifkan atau menonaktifkan fitur notifikasi post pada akun kalian, berikut caranya :

  • Masuk ke profil akun sobat
  • Pilih pada tanda iOS atau Android sesuai gadget yang sobat remaja pakai lalu pilih pengaturan pemberitahuan profil (push notification setting)
  • Sesuaikan pengaturan sobat

Walaupun sudah menuai kontroversi dan kehebohan massal, akan tetapi hingga artikel ini dimuat belum ada kepastian kapan Instagram akan mulai memberlakukan sistem algoritma baru ini.

3 Blog Posts

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.