Menu

Regina Journal

Ayo Gabung Di Sosial Media Karya Anak Bangsa

April 16, 2017

Indonesia adalah salah satu pengguna sosial media paling besar dan paling aktif di dunia, banyak sekali statistik yang bisa dijadikan dasar untuk mendukung statement tersebut. Dan seperti banyak negara lain di dunia, sosmed seperti Twitter, Facebook atau Instagram masih menjadi media terpopuler dan …

Read more

Fenomena Sosial Media Di Indonesia

April 16, 2017

Sosial media sudah menjadi fenomena baru yang merasuki jutaan bahkan miliaran orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Negara kita tercinta ini bahkan tercatat memiliki jumlah pengguna sosial media terbanyak, survey membuktikan jumlah pengguna internet dan media sosial di tanah air mencapai 88…

Read more

View older posts »

Fenomena Sosial Media Di Indonesia

April 16, 2017

Sosial media sudah menjadi fenomena baru yang merasuki jutaan bahkan miliaran orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Negara kita tercinta ini bahkan tercatat memiliki jumlah pengguna sosial media terbanyak, survey membuktikan jumlah pengguna internet dan media sosial di tanah air mencapai 88 juta pengakses dengan tingkat penetrasi penguna baru sebesar 29 persen, sungguh luar biasa.

Tak heran bila pada tahun 2015 lalu Indonesia bersama dengan 6 kota lainnya di seluruh dunia yakni Milan, Hamburg, Lagos, Bangalore, Copenhagen dan New York dipercaya menjadi penyelenggara “Social Media Week” yang pertama dari 4 periode penyelenggaraan untuk tahun tersebut.

Bukan hanya mengakses, netizen Indonesia juga tergolong aktif di sosial media, Facebook dan Twitter masih menjadi sosmed terfavorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan Jakarta telah diberi predikat sebagai ibukota Twitter dunia karena begitu ramainya pengguna situs micro blogging ini yang aktif berkicau atau mentweet opini mereka.

Tak heran pula bila apa yang sedang menjadi trend atau fenomena di Indonesia akan dengan mudah mendapat posisi Sebagai Trending Topic berkat masifnya tanda pagar atau hashtag yang digunakan pada topik tersebut.

Bukan hanya masyarakat umum, selebriti bahkan politisi dan pejabat pemerintahan juga gemar berkicau atau memanfaatkan twitter sebagai ajang sosialisasi mereka. para pengguna Twitter tentu sangat familiar dengan akun @SBYudhoyono milik mantan Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau @Prabowo08 milik Bapak Prabowo Subianto yang memiliki jumlah follower sebanyak 2,3K atau 2,3 juta follower.

Dari kalangan selebriti muncul nama – nama beken seperti Raffi Ahmad dengan akun @RaffiAhmadLagiWorld yang memiliki pengikut sebanyak 6,9 juta, Blogger, komika sekaligus aktor Raditya Dika dengan akun @radityadika 12,5 juta follower serta selebriti multi talenta yang telah go internasional yakni Agnez Monica dimana akun resminya @Agnezmo telah diikuti oleh 14,5 juta penggemarnya.

Lalu berapakah jumlah pengguna social media berlambang burung ini secara keseluruhan di Indonesia? Menurut CEO dari Twitter Inc saat berkunjung ke Jakarta bulan Maret tahun 2015 lalu, user aktif di Indonesia jumlahnya menembus angka 50 juta dan menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna terbesar di dunia.

Jumlah tersebut sedikit dibawah pengguna Facebook yang diperkirakan mencapai 69 juta, CEO sekaligus pendiri Facebook pun pernah mengunjungi Indonesia dan berjalan – jalan di pasar Tanah Abang sekitar akhir 2014 lalu. Dibawah Facebook dan Twitter, sejumlah sosial media lainnya yang cukup digandrungi oleh masyarakat tanah air adalah Linkedin, Path dan Instagram.

LinkedIn yang merupakan situs sosial media untuk kalangan profesional dan pebisinis ini mempunyai pengguna sebanyak 4 juta di Indonesia, jumlah yang sama juga terdapat pada Path. Sementara meskipun tidak menyebutkan angka pengguannya secara pasti, namun CEO Instagram menyebut Indonesia merupakan negara ketiga setelah Jepang dan Brazil yang memanfaatkan aplikasi berbagi foto tersebut dimana segmen pengguna terbanyak adalah generasi muda atau remaja dengan rentang usia antara 18 – 34 tahun yakni sebesar 83 persen.

Fakta menarik lainnya adalah 63 persen user Instagram merupakan kaum hawa, sementara tingkat keaktifannya juga sangat tinggi diamana 97 persen Igers, sebutan bagi pengguna Instagram,  selalu menulis komentar atau mentag teman mereka, 85 persen menshare posting Instagram mereka melalui sosial media lainnya dan 45 persen mengakui bahwa mereka kerap kali membeli barang yang mereka temui di Instagram.

Memang selain digunakan untuk berinteraksi sesama pengguna secara online, sosial media pun banyak dimanfaatkan sebagai arena untuk promosi produk bahkan berjualan secara langsung (dirrect selling) baik oleh perusahaan maupun perorangan. Maka kini munculah trend yang disebut Social Media Marketing dengan menggunakan sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus dan sebagainya.

Nah dengan perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat serta tingkat peka internet dari masyarakat Indonesia yang kian tinggi, tak heran bila sejumlah vendoor social media semakin fokus menggarap Indonesia sebagai pasar potensial.

Lalu bagaimana dengan kita sendiri? Apakah kita hanya akan menjadi pengguna setia selamanya dari produk – produk sosmed asing tersebut? Ternyata kita juga mempunyai beberapa sosial media hasil karya anak muda kreatif di Indonesia, sebut saja diantaranya Fupei, Buzzbuddies, Kwikku, Sebangsa dan beberapa lagi lainnya.

Hanya saja kendala dari sebagian besar sosial media nasional tersebut, kecuali mungkin layanan berbagi video Me Tube yang dimiliki MNC Group tidak memiliki dana sebesar sosmed – sosmed luar yang telah establish dan mempunyai dukungan finansial yang nyaris tak terbatas hingga sangat mudah melakukan penetrasi maupun ekspansi ke berbagai negara termasuk Indonesia..

Hal ini mungkin perlu mendapat perhatian oleh kita sebagai remaja dan generasi muda tanah air. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, yang seperti disebutkan diatas merupakan salah satu basis pengguna internet terbesar di dunia, kita memiliki power untuk membuat sosial media karya anak bangsa lebih diakui dan bahkan bukan tidak mungkins atu saat nanti mampu bersaing dengan sosmed besar yang berasal dari mancanegara.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.